Tuesday, January 15, 2008

450 Cuppies



Walaupun banyakan yang bilang kalo angka 4 itu angka sial tapi bagi aku itu angka keberuntungan aku.
Loh kok bisa?
Hiya,bayangin aja dari waktu aku masih tinggal di Taiwan no hape ga jaoh dari angka 4 begitu juga dengan skarang tinggal di Jakarta no hape udah ganti beberapa kali dapat angka 4 aja.
Truss plat mobil kita ga milih,kluar"dapat angka 4.
Trusss birthday aku & hubby di bulan 4,trusss pertama kali temu online dengan hubby waktu taon 2004 trussss yang terakhir dapat orderan 450 cupcakes...hhahaha.aaa..

450 cupcakes,pesanan dari salah seorang MPers dengan rekuest 3 rasa jenis (Red Velvet,Black Forest & Choco Chips)& 4 dekorasi yang berbeda & dipacking dengan Kotak kemasan isi 6 cuppies dengan pita pink.
Wuifff....prosesnya lumayan panjang.

*Sabtu, 05 Jan '08 :
Beli Oven gas di cawang,sempat bingung letak lokasinya hubby telpon suami jeng Maki (Makasi yah Mas Paki & Jeng Maki)^^.
Udah nyampe di cawang lansung berenti toko pas depannya nangkring yang stainless stell & harganya ud ditanyakan tapi dasar kita penasaran dengan harga toko lainnya jadi muter" lagi ke toko lainnya & ternyata toko pertama yang jao lebih murah.
Bingung pas milih...pengennya yang gedeee getoo,ada yang ukuran 1,2M harganya 1 juta & yang stainless steel ukuran 75cm 1juta juga kalo mo yang gede stainless steel mesti pesan lagi 1 minggu baru selesai & udah ga da waktu lagi lah untuk tunggu dibuat jadi.
Pape sregnya yang stainless steel itu,lbh bagus & ga cepet karatan.
Yaaa sutraaaa jadinya beli yang 75cm stainless steel di angkut pake si Anza kesayangan kita hueheuee.
Muahaalll ongkos antarnya,ampe ke Kebon jeruk aja skitar 200rb..nah tu juga salah satu sebabnya ga jadi ambil yang gede.
Kecian suamiku ke ujanan pas ngankut oven ke dalam Anza hikss..
Perjalanan berlanjut hunting bahan cupcake ke Mayestik huehuee.


*Selasa, 08 Jan '08 :
Mulai gunting",ikat"pita dibantu ma asisten huehuehee...ngikat pita ampe kaku jari" nih.

*Rabu, 09 Jan '08 :
Masih lanjut dekor" kotaknya =D

*Kamis, 10 Jan '08 :
Kocok Butter Cream 2 kg & Test buat cupcakes pake paper cup muffin,maklummm lom pernah pake papercup munffin mendingan dicoba dulu dehh.
Hasilnyaa.a...jeleeeeek buanget,pada ga rata.
Penasaran ampe coba 3x dengan resep" yang berbeda...
Salah dimana yaaahhh?
Soale,rencana mo pake papercup souffles tapi kurang stok jadi diganti dengan papercup muffin aja tapi kok anehhh jadinya...hikksss..
Terpaksa rencana berubah digantikan dengan papercup biasa & beli cetakannya 5 lusin lage.

*Jum'at, 11 Jan '08 :
Buat Red Velvet dulu,karena cetakan cuma ada 7 lusin jadi awalnya buat 3 1/2 resep dulu,lanjut baking ke 2x pake 2 resep ternyata hasilnya jadi banyakkk ada 200an cuppies padahal cuma butuh 150 cuppies...
Lalu malamnya lanjut baking lagi rasa Choco Chips dibantu sama Pape yang kebetulan udah pulang ngantor ^^.
Pas bakingan yang terakhir ud malem kok tiba" dari dapur brasa asap ngebul" yahhh?
Diliat",kirain otangku bermasalah (Karena yang terakhir bakingnya buanyakk jadi pake bantuan otang juga plus kangen ma otangku hehhehehe).
Lalu aku kasih tau hubby,tapi hubby cuek bebek aja mungkin kcapean kali.
Sempat nyari tahu 15 menit sumbernya dmana sampai berasap"geto,lalu Alamaaaakkkk....
Asap berasal dari Oven baru itu,ternyata gosongggggggg :((
Ini kelalaian suamiku,yang tadinya ud mo mateng karena ga sabaran nunggu jadinya digedein gas apinya & juga ga di peratiin.
Aku juga kurang meratiin krn ngerjain tugas yang lain,mana bakingnya pake papercup souffle yang udah terbatas tu stoknya huhuhuhuuuuu.
Syebelll dehh....ngedumel ma Pape trus kata Pape,maklum oven baru lom kenal baek fungsi kerjanya tapi sudahlahh nasi telah menjadi bubur mending bobo duyu dehh lanjut baking besok pagi.
Ud malem pada error soale ^^.


*Sabtu, 12 Jan '08 :
Ciihuuiii...Pape Po ga kerja sabtu,jadi bisa bantuin aku baking hueheuhehee.
Baking Black Forest 4 resep & Choco Chips 3 resep lagi gara" gosong kmaren,Slesai smua pas sore jadi masih ada waktu untuk bobo sore bentar huehuee...
Malam jam 7 lanjut lagi,kali ini buat muka cewek 3D dibantu sama Hubby.
Asisten ngerjain tugas oles" krim cupcake.
Nahh tragedi muncul lagi nih,sewaktu Pape hitung" cupcake yang mo di olesin trus ngeh lagi kalo yang gosong kmaren kelewatan di QC.
Walaahhh...mulai deee aku ngoceh" lagi...kok bisa se kelewatan QC nya,jadi gmana dunk skarang waktunya cuma sa dekor blablablaaa geto deh.
Akhirnya pape deh tugas baking lagi gantiin yang kelewatan gosong itu,buat 1 resep lagi.
Sedangkan aku lanjut buat muka 3D itu.

*Minggu,13 Jan '08:
Akhirnyaaa....smua selesai juga acara bakingnya" jadi sisa waktu skarang tinggal dekor aja.
Seharian dari pagi sampai sore ngerjain muka cewe 3D sebanyak 75pcs..dibantu Pape & asisten bentuk melintir rambutnya hueheuee..aku tinggal nempel aja tapi nguras tenaga bokkk..
Dan asisten kerjanya lemotttt buanget,aku ud slesai nempel 5 helai rambut ehhh dia baru kelar melintir 1 helai :-<
Yah gmana ga lemot kerjanya sambilan nonton tipi tapi tangan ga gerak.
Jari pada kaku semua melintirin bentuk rambut geto.
Kata Pape,mulai besok kerja dilarang buka TV lagi huehuee..gualak nih Pape =D
Setelah semua slesaii,leganyaaa.....tinggal dekorasi krim neh.
Trus baru ngeh kalo butter creamnya ternyata kurangggggg.
Untung langganan TBK ku siap di ketuk pintunya 24 jam walaupun tutup di hari Minggu & dekat"rumah juga TBK nya,akhirnya Pape yang pergi beli deh ^^.
Lalu bobo sore bentar,maklumm masih perlu kumpulin tenagan untuk lanjut dekor berikutnya.
Malam lanjut ngerjain dekor Butter Cream edible image & Black Forest,sementara asisten kocok Butter Cream 2 kg lagi & juga kocok Cream Chiz 2 kg huehueee.
Pape bantuin aku,nempel" edible image =D
Lalu pas waktu mo tiriskan air Cherry merah untuk Black Forest Cupcakes,anehh kok sedikit dapatnya padahal aku beli 1 kg & smua udah aku perhitungkan lagi 1 cherry merah brapa gram dan butuh 1 kg Cherry merah untuk 150 cuppies.
Akhh sudahlahhh besok pagi pegi beli lagi.
Semuanya slesai sampai jam 12 malem,lemburrr...jadi skarang tinggal semprot Cream Cheese di Red Velvet & pasangin hidung mata mulut muka 3D itu.


Senin, 14 Jan '08 :
Final nihh...Bangun kesiangan,padahal udah pasang alarm jam 5 pagi tapi bablas jam 6 baru bangun huehueee..
Bangun jari" pada kaku hikss....nyemprot sana sini,pada sakit jadinya.
Hubby cuti kerja buat bantuin & skalean mo nganter pesanan ini.
Hubby pegi ke TBK lagi beli Cherry merah yang kurang,& tau ga ternyata aku beli di TBK langganan ku 1 kg itu buanyaakkkk malah lebih" untuk 150 cuppies.
Berarti Cherry sebelumnya aku beli di Mayestik toko Jaya Makmur nimbangnya skalean dengan air cherrynya dunk?
Abis dapatnya kok lbh sedikit 1/2 bagian dari yang aku beli di TBK langganan ku??
Harganya juga sama tuh.
Sudahlahh...ud tau gitu laen kali ga mo nyetok bahan di Mayestik lagi deh.
Start semprot Cream Chiz Red Velvet dulu lalu lanjut nambahin hidung mata & mulut di dekorasi 3D sebelumnya.
Stelah itu mulai deh packing & slesai jam 11 lalu aku lanjut lagi dekor 16pcs tambahan sbagai bonus untuk sang pemesan.
Diantarnya pas siang jam 12an,kecian suamiku ga sempat lunch lagi soale nganternya jaoooo di Bekasi bokkk..

Cerita berlanjut pas pengantaran asisten aku ikut juga & aku kelepak di rumah ^^
kata Pape..
Waktu perjalanan hampirrrrr aja nabrak mikrolet,pas perempatan lampu merah si mikrolet nyelonong aja tuh padahal udah merah jadi Pape nginjak rem tiba" lalu lalu laluuu 8 kotak cupcakesnya da yang jatoh & sedikit brantakan Krimnya.
Sampai" pada histeris teriak kaget asisten ku itu.
Trus nya,pake acara nyasar sgala Papeku.
Waktu udah masuk dalam perumahan sang pemesan Pape & Asisten mulai beres" bersih"in krim yang cemongan dlm kotak pas jatoh tadi.Hikss....
Nahh akhirnya sampai juga deh di rumah sang pemesan,tapi lanjut cerita sewaktu turunin kotak"nya ada yang jatoh lagi 3 kotak gara" kelalaian asisten.
Pape jadi ga enak dengan sang pemesan & menawarkan pemotongan harga dari sisa DP nya tapi sang pemesan menolak malah kasih lebih sbagai TIPS utk asisten ku.
*Terima Kasih yah sist Lisa atas pengertiannya.

Hahhhh....ada"aja slama proses pembuatan 450 cuppies ini.
Ada yang gosong lah ada yang kurang bahan lah ada yang jatoh lahh tapi aku bersyukur kalo Dia menyertai aku trus sampai bisa membuat 450 cuppies.
Bersyukur kalo stiap kendala yang aku hadapi masih bisa dikendalikan.
Jadi,pelajaran yang aku dapat :
*Untuk make sure sebelum mulai baking hitung ulang smua bahan"nya nahhh disini klalaian aku jadinya ga ngeh kalo da bahan yang kurang.
*Jauh hari hitungkan berapa resep yang akan dipakai & jumlah keseluruhan bahannya.
*Setiap waktu proses berharga,mending jauh" hari di schedule in dulu proses pembuatannya jadi bisa maksimal mencapai target selama prosesnya.
*Kata orang tua" di Taiwan,Berjaga" itu ga rugi ^^ jadii buat lebih jumlahnya untuk jaga" menggantikan yang ga sesuai standart QC.
Sangking punya prasaan berjaga"nya kuat jadinya buat cupcakes kebanyakan & udah 2 hari ngembatin cupcakes aja huehueee.eeehehhee.....
*Sewaktu pengantaran pesanan,ikat & susun yang baik setiap kotaknya juga jangan lupa bawa kain lap jangan seperti nasib kain bali aku,yang aku sediakan untuk jaga" dimobil malah dibuat ngelap krim" yang brantakaann (awas yahh Paa) gara" tissue mobil pada abis.

Yah begitulah akhir kisah si 450 cuppies ini,orderan yang aku terima & aku buat dengan sukacitanya ^^.
Slama proses pembuatan dalam hati trus menguatkan hati,"Bekerjalah sekuat tenagamu untuk Tuhan".



1Korintus 15:10
Tetapi karena kasih karunia Allah aku adalah sebagaimana aku ada sekarang, dan kasih karunia yang dianugerahkan-Nya kepadaku tidak sia-sia. Sebaliknya, aku telah bekerja lebih keras dari pada mereka semua; tetapi bukannya aku, melainkan kasih karunia Allah yang menyertai aku.

0 comments: