Monday, January 14, 2008

Harga Tepung Terigu & telur naik...Againnn???

Semalam aku & hubby nongkrong di cafe salah satu Mall Jakarta menikmati kopi dingin,waktunya santai nih ceritanya setelah 1 mingguan di rumah aja ngerjain orderan.
Lalu sembari ngopi sembari baca koran lah,koran kompas.
Di awal halaman,baca sekilas para pengrajin Tahu & Tempe lg mogok kerja karena bahan baku kedelai naik drastis.
Sekilas ga penting" banget.
Lalu buka di halaman tengah kompas,baca yang berjudul " Harga Tepung Terigu & Telur Naik".
Walahh masalah serius nih,sambil baca sambil ngedumel dengan suamiku.

Di kompas tgl 14 Jan'08 halaman 25 tertulis(yang aku ingat),harga tepung terigu naik sekitar 50% dari kenaikan harga Gandum International yang disebabkan gagal panen diberbagai belahan negara dunia seperti Canada,Australia.
Trus,para pedagang kue di kawasan Blok M jadi pusing & mereka mencari alternatif lain dengan menggantikan resep" kue dengan modal bahan baku yang lebih murah.
Ada juga para pedagang gorengan yang terpaksa pulang kampung karena gak sanggup beli bahan bakunya seperti Tepung & Telur.

Pagi ini,aku masih penasaran cari tau lagi di kompas & kutemukan berita yang sama.
Hikss.ss....gmana tah? di cyber kompas tertulis kalo harga tepung diperkirakan akan turun sebanyak 10% pada bulan Mei Juni dimana akan ada panen di bulan tersebut.
Bulan Mei atau Juni???Kalau berhasil panen seh ga masalah tapi kalo gagal luaagii gmanaa tah?Dan tu pun hanya turun sekitar 10% harganya.

Sebenarnya,kenaikan harga Tepung udah dirasakan waktu tahun kemarin kenaikannya yang disebabkan karena harga minyak naik juga.
Waktu itu naik kalo ga salah sekitar 20-30% dari harga Rp. 6.500/kg naik menjadi Rp. 9.000 an/kg.
Tapi aku masih nyantai aja,karena sebelumnya aku udah nyetok dulu.
Dan beberapa hari yang lalu di millis dapat kabar dari teman sesama bakul kue bahwa harga tepung terigu sekarang udah mencapai Rp. 14.000/kg.
Aku juga masih tenang"aja,tapi setelah membaca sendiri kabar itu dari koran Kompas mulai deh gelisahhh...

Ada" aja skarang,kalo di review harga bahan baku kue tahun kemarin dari bulan Agustus berawal dari harga minyak naik,harga tepung terigu & telur ikutan naik.
Bulan September-Oktober Tepung Terigu & Susu naik lagi kira" sebanyak 30% trusss bulan November-Desember harga Susu berikut Keju naik lagiiii...Apalagi pas pertengahan Desember Cream Cheese hilang diperedaran selama kurang lebih 2 minggu dan pas muncul dijual lagi naikkk bokkkkk sebanyak 30%.
Harga telur juga ikutan naik,aku nyeletuk dengan suamiku "napa harga telur ikutan naik??kan telur proses alami,ga pake minyak"an susu"an sgala.
Waktu awal" kenaikan harga tahun kemarin aku masih ga gitu panik,masih bisa aku tekankan harga" kueku dengan menggantikan biaya Packagingnya yang tadinya packagingnya heboh" digantikan dengan menggunakan kotak putih biasa & pita seadanya.
Jadi jangan heran yahhh hehehee....
Ini juga demi tetap menjaga kwalitas & kuantitas kue"aku,kcuali kalo ada yang minta di packaged heboh tambah biaya lagi gituu...
Gmana tahh skarang??
Ikutan ganti resep seperti pedagang kue di Blok M???
Gak mungkin kan?kalo harus ganti resep dengan kwalitas yang rendah,mendingan aku gulung tikar aja de...
Harga smuanya naik,harga sayuran,beras,telur naikk smua dan yang lucunya tadi padi sewaktu suamiku pegi ke pasar utk belanja katanya gak nemu tempe & tahu sama skali.
Aku ga tau,soale macih bobo & diam" suamiku pegi ke pasar ndiri gituuu hueheuhee..
(Makacih yahh Pape Po :*)

Akhh.....ga tau deh...
Pucinkkk,tapi dalam hati aku da suara berbisik...
"Jangan Takut slama masih berjalan dengan DIA"
Hiyaa....sebenarnya kwatir & takut juga kalo hilang pelanggan.
Tapi masih ada juga seh pelanggan" aku yg bisa mengerti sikon" skarang ini.
Jadi untuk pelanggan aku yang cantik" yang baik" yang setianya jangan protesss yahhhhh.
Harga"kue aku udah aku tekankan semaksimal mungkin,untung dikit gpp de sbagai pengganti ongkos cape aja.
Karena,berjualan kue bukan sekedar cari duit & hobi tapi ini Hidup aku.
Aku ga sa bayangin Hidup tanpa baking?jadi apa yahhh??
Saat ini,harga kue"ku yang masih bisa stabil harganya yaitu CupCakes,Cake"besar,Snacks,Desserts.

Hahhhhh......skarang tiap hari ada Pe er doa deh..
Doain spaya hasil panen gandum berikutnya berhasil smua jadinya harga tepung terigu bisa normal kembali hahhahaaa.


Ulangan. 31:6
Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau."

Mazmur 23:4

Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.

0 comments: